INSTIPER Yogyakarta
1 2 3 4
 
 
  • BERITA
  • 29/09/2014 (13:45)
    Evi Komalasari Irjan, Wisudawan Terbaik Program Sarjana "Kita akan segera memiliki pemerintahan baru dan juga pemimpin baru, beberapa tantangan besar menghadang, dua diantaranya adalah pangan dan energi. Sebenarnya tantangan tersebut bisa kita selesaikan dengan baik. Indonesia memiliki sumberdaya ya ... .
  • ARTIKEL
  • 07/07/2014 (08:19)
    Persyaratan Calon Penerima Beasiswa Bidik Misi 1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2014 2. Lulusan tahun 2013 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi; ... .
Teknologi Pertanian

A. Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

a.      Visi dan Misi Prodi / Program Khusus

Visi Jurusan THP adalah : Mewujudkan Jurusan yang tangguh dan terpercaya di bidang teknologi pengolahan hasil pertanian dengan keluaran (out put) berupa (1) SDM yang profesional dan (2) informasi di bidang teknologi pengolahan serta berperan sebagai pencipta lapangan kerja dan berguna bagi masyarakat  luas.

Misi Jurusan THP adalah  (1) Menyelenggarakan pendidikan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam upaya menghasilkan sumber daya manusia terdidik yang berpedoman pada tujuan pendidikan nasional, kaidah moral dan etika ilmu pengetahuan, kepentingan masyarakat serta memperhatikan minat, kemampuan dan prakarsa pribadi. (2) Memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu dan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat (3) Menghasilkan konsep pengembangan Agroindustri yang dapat diaplikasikan pada skala kecil dan menengah.

 

b.      Wawasan Umum dan Arah pengembangan

Program kerja Jurusan Teknologi Hasil Pertanian dititikberatkan pada kegiatan inovasi teknologi, peningkatan mutu / kualitas lulusan, efisiensi pembelajaran dan layanan akademik. Pelaksanaan program kerja tersebut didukung dana dari Program Hibah Kompetisi yang diperoleh dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdiknas. Dengan terlaksananya program jurusan tersebut, masa studi bisa dipersingkat dengan kualitas lulusan yang lebih baik, sehingga lulusan akan mampu bersaing di dunia kerja.

 

c.       Minat Studi dan penjelasan

Di Jurusan Teknologi Hasil Pertanian ada 4 minat studi, dengan 2 minat merupakan program reguler dan 2 minat merupakan program akselerasi, yaitu :

1).   Minat Teknologi Industri Hasil Perkebunan (TIHP).

Minat ini berkonsentrasi pada pendalaman teknologi pengolahan hasil perkebunan pengembangan produk dengan bahan baku hasil perkebunan serta industri hilirnya dengan orientasi pasar baik lokal maupun global

2).   Minat Teknologi Industri Pangan (TIP)

Minat ini menitik beratkan pada pendalaman teknologi pengolahan hasil tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perikanan, pengembangan produk dengan bahan baku tersebut di atas serta industri hilirnya yang berorientasi pasar, baik lokal maupun global

3).   Minat Teknologi Perkebunan (Program akselerasi)

Minat ini menitikberatkan pada teknik mempertahankan produktivitas kebun, teknologi pengolahan hasil perkebunan, diversifikasi produk olahan, pengelolaan limbah menjadi produk yang bermanfaat serta dilengkapi dengan peningkatan kemampuan managerial untuk beradaptasi dengan lingkungan perkebunan beserta masalah-masalahnya

4).   Minat Teknologi Pangan (Program akselerasi)

Minat ini berkonsentrasi pada penguasaan teknologi pengolahan produk pangan, sehingga mampu melakukan diversifikasi produk, pemanfaatan limbah pangan menjadi by product yang lebih bermanfaat , penguasaan dasar-dasar diversifikasi ikan, unggas ternak besar serta dilengkapi dengan pengusaan dasar-dasar budidaya tanaman agar mampu mempertahankan produktivitas produk pertanian dan bahan pangan maupun pengusaan tentang etika lingkungan

Untuk program reguler, masa studi mahasiswa di Jurusan THP adalah 8 semester (4 tahun) dengan menempuh 145- 147 SKS sudah termasuk KKN (KKN reguler atau KKN alternatif) dan Skripsi. Jurusan THP telah dapat meluluskan mahasiswa dengan masa studi  3 tahun 10 bulan. 

Khusus untuk mahasiswa Alih Jalur (Lulusan D3 dengan bidang studi yang sama) menempuh  33 SKS dengan masa studi 2 semester (1 tahun).

Program akselerasi terdiri dari 8 semester pendek (trimester), dengan masa studi selama 2 tahun 8 bulan.

 

d.      Staf Pengajar

Staf Pengajar di  Jurusan THP terdiri dari Dosen Tetap dan Tidak tetap. Dosen Tetap (baik Yayasan maupun DPK) semua telah bergelar magister baik dalam maupun luar negeri. Sedangkan Dosen Tidak Tetap sebagian bergelar Profesor, Doktor, Magister baik dalam maupun luar negeri. Untuk mulai memperkenalkan dunia kerja sejak dini, ada beberapa mata kuliah yang diasuh oleh praktisi.

 

e.      Bidang kerja dan alumni yang bekerja

Sarjana lulusan jurusan Teknologi Hasil Pertanian telah banyak yang bekerja (ada 81 alumni yang tercatat di Jurusan) di instansi pemerintah maupun swasta yang tersebar di seluruh Indonesia seperti Jajaran Departemen Pertanian, Kehutanan, Departemen Nakertrans, Departemen Dalam Negeri, Depdiknas, Lembaga Penelitian, Perbankan, Perguruan Tinggi, BRI, Perusahaan di bidang pangan misalnya PT Indofood Sukses Makamur, PT Garudafood Putra Putri Jaya, PT Sriboga Raturaya, PT Heinz ABC Indonesia, PT Golden Great Wall Indonesia, Hero Supermarket, PT Tri Teguh Manunggal Sejati, PT Boeringer Ingelhiem Indonesia serta perusahaan perkebunan, seperti PT Riau Sakti United Plantation, PT Gunung Sawit Bina Lestari, PT Selapan Jaya, PT Pagilaran.

 

f.        Kerjasama

Kerjasama yang telah dilakukan Jurusan THP dengan instansi luar di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian pada masyarakat, yaitu :

1)      Pada bidang pendidikan dan pengajaran, bekerjasama dengan PTPN VIII Jawa Tengah untuk penyelenggaraan Praktek Kerja Lapangan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY untuk pengayaan materi pengolahan komoditi perkebunan, seperti kopi, kakao dll untuk pengenalan kebun sejak dini.

2)      Pada bidang penelitian, bekerjasama dengan Fakultas Teknologi Pertanian dan FMIPA UGM dan BPTP DIY, melalui penelitian Hibah Bersaing dan Hibah Pekerti. Kerjasama penelitian-penelitian ini telah melibatkan 35 mahasiswa (10 orang mahasiswa untuk penelitian Hibah Bersaing, 12 mahasiswa untuk penelitian Hibah Pekerti, 5 mahasiswa untuk kerjasama penelitian dengan BPTP dan 8 mahasiswa untuk kerjasama penelitian dengan APTRI/ Asossiasi Petani tebu Rakyat Indonesia)  dan sekaligus dapat membantu pendanaan skripsinya.

3)      Pada bidang pengabdian masyarakat, telah bekerjasama dengan Kelurahan Parangtritis, Bantul dan  Kelurahan Kalibawang, Kulon Progo DIY, yang juga telah melibatkan mahasiswa dalam penyuluhan-penyuluhan dengan tujuan untuk melatih mahasiswa agar dapat menyampaikan pendapatnya di muka umum. Pelatihan yang melibatkan mahasiswa sebagai tenaga penyuluh dan praktek pada tahun 2006 ini akan dilaksanakan di Bantul, Boyolali, Temanggung dan Blora. Selain itu, juga bekerja sama dengan Dinas Perkebunan Kalimantan Selatan mengenai pengolahan kelapa secara terintegrasi.

 

g.      Fasilitas pendukung

Ruang Kuliah tersedia dan memadai serta dilengkapi dengan fasilitas di atas standar  untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan kuliah dan akan ada penambahan fasilitas perkuliahan di tahun 2006 dan 2007 melalui Program Hibah Kompetisi dari Dikti, Depdiknas.

Laboratorium jurusan THP dikelompokkan menjadi 4 kelompok sebagai berikut:

1.       Laboratorium Kimia dan Biokimia

2.       Laboratorium Teknologi Pengolahan/ Reka Proses

3.       Laboratorium Mikrobiologi dan Enzim

4.       Laboratorium Penelitian

Perpustakaan di Fakultas Teknologi Pertanian Instiper  maupun perpustakaan pusat memiliki koleksi buku, majalah ilmiah berbahasa Indonesia maupun Inggris dan hasil-hasil penelitian dosen serta mahasiswa, serta akan ada penambahan fasilitas internet.

      Pilot Plant untuk latihan produksi dan pembesaran skala produksi dari skala laboratorium ke skala industri.

h.      Program / kegiatan unggulan

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian telah berhasil mendapatkan dana Program Hibah Kompetisi dari Ditjen Dikti Depdiknas yang ditujukan untuk pelaksanaan program :

1.    Peningkatan mutu penyelenggaraan akademik (proses belajar mengajar)

2.    Peningkatan mutu layan administrasi

3.    Peningkatan mutu perencanaan untuk pengembangan jurusan THP, yang dalam pelaksanaannya akan ada penambahan fasilitas perkuliahan (LCD, textbook, internet dan media pembelajaran lainnya). Program ini akan berlangsung selama 2 tahun, yaitu tahun 2006 dan 2007. Dari ketiga program tersebut akan menjadikan proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien, sehingga mahasiswa dapat lulus dalam waktu yang singkat dengan IP tinggi.

 

i.         Karya pengabdian/penelitian berprestasi

Mahasiswa Jurusan THP telah mampu mendapatkan dana penelitian yang kompetitif, seperti Bogasari Nugraha tahun 2005 dan bantuan dana dari Penelitian Lingkungan Hidup pada tahun 2004, serta pernah menjuarai Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk mewakili Kopertis V di tingkat nasional.

Staf pengajar jurusan THP juga mampu menjaring dana pengabdian/penelitian yang kompetitif, seperti Program Penerapan Iptek, Program Hibah Bersaing dan Program Hibah Penelitian Kerjasama antar Perguruan Tinggi (Pekerti) yang didanai Dikti Depdiknas. Pada pelaksanaan program-program tersebut juga melibatkan mahasiswa, sehingga bisa menambah pengalaman mahasiswa maupun membantu dana penelitian mahasiswa.

 

j.        Statement Promosi

Jalan bagi yang tahu potensi masa depan Indonesia

 

B.Jurusan Teknik Pertanian

Akreditasi  dari Badan Akreditasi Nasional dengan peringkat B dengan No SK: 001/BAN-PT/Al-VIII/S1/I/2005. Skore  yang dicapai 358 (Skore Akreditasi A : 361 - 400), hanya kurang 3 point untuk mencapai A.

a. VISI PROGRAM STUDI

Menjadi Program Studi dengan kemampuan unggulan keilmuan dan keahlian dalam Sub sector Perkebunan Kawasan Tropika dengan sub bidang industri perkebunan serta memiliki jiwa wira-usaha yang bercirikan kreatif, inovatif, fleksibel dan tanggap terhadap perubahan.

b. MISI PROGRAM STUDI

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dibidang Teknik Pertanian yang mendukung pembangunan nasional, yang selaras dengan pembangunan nasional dibidang pertanian khususnya sub sector pekebunan, sub bidang industri perkebunan kawasan tropika, melalui pembinaan kehidupan akademik yang sehat.

c. TUJUAN & SASARAN PROGRAM STUDI

1).    Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan professional.

2).    Menghasilkan sarjana yang merupakan seorang ahli keteknikan pertanian yang:

a).    mampu mengembangkan Ilmu Pengetahuan & Teknologi di bidang Teknik Pertanian guna menumbuhkembangkan usaha tani agro industri yang memiliki semangat jiwa wira usaha (kreatif, inovatif, fleksibel dan berani melakukan perubahan), trampil, mandiri dan memiliki rasa pengabdian pada nusa dan bangsa

b).    mampu mendayagunakan, melestarikan dan meningkatkan produktivitas sumberdaya alam kawasan tropika yang tersedia dengan cara menerapkan teknologi sepadan secara arif, efektif dan efisien dengan daya dukung lingkungan

c).     mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi baru serta berfikir dan bertindak sebagai seorang ilmuwan (cendekiawan) sesuai bidang Teknik Pertanian

3).    Menghasilkan informasi Ilmu Pengetahuan & Teknolgi bidang Keteknikan Pertanian, mengembangkan dan menyebarluaskannya kepada masyarakat.

4).    Memupuk dan menjalin kerja sama yang simetrikal dan saling menguntungkan dengan instansi pemerintah, industri serta lembaga pendidikan dan penelitian baik dalam maupun luar negeri.

Secara menyeluruh sasaran- sasaran utama pengembangan program Studi Teknik Pertanian diarahkan pada: (i) peningkatan jumlah dan mutu peserta didik; (ii) peningkatan mutu proses penyelenggaran belajar-mengajar; (iii) peningkatan mutu produk keluaran yang berupa kualitas lulusan, kualitas pelayanan dan hasil penelitian & pengabdian masyarkat.

 

d. WAWASAN UMUM DAN ARAH PENGEMBANGAN

 Dengan  menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat melalui pembinaan kehidupan akademik yang sehat, sehingga dihasilkan lulusan sebagai seorang  engineer yang dapat berperan fungsi sebagai perancang (innovator), penggerak ( driven) dan pengambil keputusan (decision maker).

Dalam rangka penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai tujuan & sasaran program studi diperlukan suasana akademik yang kondusif, melalui : (i) program pengembangan sumber daya manusia meliputi dosen dan karyawan, (ii) pengembangan kurikulum muatan lokal yang berbasis kompetensi dan fleksibel mengikuti perkembangan ilmu & teknologi sesuai  kebutuhan pengguna (user), (iii) pengembangan mahasiswa dengan meningkatkan rata- rata Indeks Prestasi (IP), memperpendek masa studi maupun masa tunggu mahasiswa lulusan dalam mendapatkan pekerjaan, meningkatkan aktivitas kegiatan ekstra kurikuler, kegiatan kelompok bidang kajian sesuai dengan minat & bakat mahasiswa; (iv) pengembangan proses belajar mengajar dengan penegakan disiplin di kalangan dosen, karyawan maupun mahasiswa.

Langkah-langkah yang ditempuh Program Studi Teknik Pertanian untuk pengembangan ke depan  Program Studi Teknik Pertanian   langkah-langkah sebagai berikut:

         Melakukan perbaikan internal di dalam Program Studi Teknik pertanian dengan cara memperbaiki pelayanan bagi mahasiswa yang meliputi: percepatan masa studi, peningkatan IPK Lulusan, mendorong aktivitas mahasiswa sehingga mahasiswa berkompetisi mendapatkan dana penelitian melalui program PKM dari DIKTI, mengikuti lomba penulisan karya ilmiah di tingkat regional & nasional, mengikut-sertakan mahasiswa dalam forum publikasi ilmiah: seminar- seminar maupun menulis di jurnal dan lain-lain.

         Menjalin komunikasi dengan masyarakat stake holder khususnya siswa- siswa SMU / SMK melalui program presentasi kompetensi dan keunggulan Program Studi Teknik Pertanian di sekolah yang bertujuan untuk lebih megenalkan dan mempromosikan Program Studi Teknik Pertanian

         Meningkatkan Kompetensi mahasiswa dalam:

a).    Penguasaan kemampuan bahasa Inggris melalui latihan berbahasa inggris aktip dengan menyelenggarakan kursus & pelatihan bekerja sama dengan Lembaga Kursus dan mengadakan pertemuan rutin seminggu sekali diskusi berbahasa inggris ( Bio English Club )

b).    Penguasaan Kemampuan Aplikasi Sistem Inforfasi Geografis ( GIS ) dalam menganalisis data dan peta dalam evaluasi kemampuan lahan pertanian / perkebunan

c).     Penguasaan Kemampuan Keahlian dalam desain dan produksi / rekayasa alat mesin pertanian / perkebunan

d).    Penguasaan Kemampuan keahlian Aplikasi sistem kendali , otomatisasi dan mekatronika di bidang pertanian, perkebunan, rekayasa lingkungan, rekayasa  biosistem.

 

e. MINAT STUDI DAN PENJELASAN

1).    TEKNIK AGROINDUSTRI

 Prinsip keteknikan dan sistem industri dalam pengembangan agroindustri, dengan menggunakan mesin & peralatan, aplikasi sistem kendali dan instrumentasi, manajemen industri, optimasi tata letak & penanganan bahan serta pengelolaan limbah industri.

2). TEKNIK SUMBERDAYA AIR DAN TANAH

Mampu merencanakan, mengembangkan dan mengelola sistem dan infrastruktur sumberdaya lahan dan air melalui kegiatan evaluasi dan pengembangan lahan pertanian perkebunan; penerapan teknik konservasi tanah & air; rekayasa lingkungan dan bangunan serta pengelolaan dan pemanfaatan limbah agroindustri. Mendesain sistem irigasi dan penyediaan air industri mempertimbangkan kualitas air dengan aplikasi mesin- mesin hidrolik.

3). TEKNIK MEKATRONIKA BIOSISTEM

Penerapan mekanika, elektronika, teknik kendali dan komputer dalam kerekayasaan untuk memproses bahan hayati menjadi produk konsumsi.

Menggabungkan ilmu dan seni kerekayasaan dengan ilmu biologi untuk mendesain mesin; pengendalian dan otomatisasi proses serta lingkungan agribisnis dan agroindustri; mengkaji penanganan tingkah laku fisiologi tanaman, hewan dan hasil perairan dan mikroba dalam proses biologi. 

4).    KETEKNIKAN PERKEBUNAN

Aplikasi keteknikan untuk meningkatkan produksi, memperbaiki karakteristik produk perkebunan, pengelolaan sumberdaya tanah & air untuk perkebunan, aplikasi dan manajemen peralatan dan mesin dalam pengelolaan perkebunan.

 





Berita dan Informasi   Informasi Akademik
Agenda Kegiatan   Informasi Kemahasiswaan
Artikel Pendidikan   Download File
Informasi Beasiswa   Foto Galeri
Alamat Kantor & Kampus Instiper
  • Kampus I
    Jl. Nangka II, Maguwoharjo (Ringroad Utara) , Yogyakarta
  • Kampus II
    Jl. Petung No. 2, Papringan, Yogyakarta