INSTIPER Yogyakarta
1 2 3 4
 
 
  • BERITA
  • 18/12/2014 (14:43)
    Berdasarkan hasil Tes Tertulis dan Wawancara, maka kami umumkan nama-nama yang Lolos Tes Tertulis dan Wawancara tersebut untuk dapat mengikuti Penjelasan Karier. Nama-nama yang lolos beserta jadwalnya dapat didownload dengan mengklik File "Pengumuman Hasil Tes Wawancara Dosen 2014"  pada ... .
  • ARTIKEL
  • 07/07/2014 (08:19)
    Persyaratan Calon Penerima Beasiswa Bidik Misi 1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2014 2. Lulusan tahun 2013 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi; ... .
Pertanian

Jurusan BUDIDAYA PERTANIAN, Program Studi AGRONOMI

  • Visi
    Mewujudkan jurusan yang tangguh dalam pengembangan teknologi budidaya perkebunan dengan keluaran berupa: sumberdaya manusia yang kompeten dan mampu bekerjasama dalam sistem industri perkebunan, teknologi budidaya perkebunan yang dapat menunjang pembangunan masyarakat, dan pusat informasi manajemen budidaya perkebunan.
  • Misi
    • Menyelenggarakan Tri Dharma Pendidikan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia terdidik dan bermoral Pancasila.
    • Memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu dan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.
    • Menghasilkan teknologi budidaya perkebunan yang dapat dioperasionalkan pada skala kecil, menengah dan besar.
  • Tujuan
    • Menyiapkan peserta didik yang memiliki kemampuan akademik dan berkompeten dalam menyebarluaskan teknologi budidaya perkebunan untuk kesejahteraan masyarakat.
    • Menyiapkan peserta didik yang berjiwa wiraswasta, dan dapat memelihara kualitas Sumber Daya Alam dan lingkungan hidup.
    • Menghasilkan teknologi dan menyebarluaskan informasi teknologi budidaya perkebunan untuk mendukung industri yang berbasis tanaman perkebunan.
  • Minat Studi
    Pada Jurusan Budidaya Pertanian terdapat empat minat studi, dengan 3 minat program reguler dan satu minat merupakan program khusus, yaitu :
    • Minat Manajemen Produksi Perkebunan
      Minat ini berkonsentrasi pada pendalaman pengelolaan produksi komoditas tanaman perkebunan, mulai pengelolaan pembibitan, penanaman, pemeliharaan, panen dan pasca panen.
    • Minat Tanaman Pangan dan Hortikultura
      Minat ini sama dengan Minat Manajemen Produksi Perkebunan, perbedaan pada jenis komoditasnya, yaitu tanaman padi, palawija, sayuran, buahan, bungaan dan tanaman obat.
    • Minat Perlindungan Tanaman
      Minat Perlindungan menitik beratkan pada usaha melindungi tanaman dengan cara mengelola organisme pengganggu tanaman yang dapat berupa hama, patogen dan gulma, dengan penekanan pada prinsip pertanian berkelanjutan.
    • Minat Perkebunan Kelapa Sawit
      Minat ini merupakan program khusus yang didirikan untuk memenuhi permintaan pasar tenaga kerja, khususnya perkebunan kelapa sawit. Dikelola secara khusus artinya kurikulum yang dibuat menjurus kepada pengetahuan yang mendukung kepada pengelolaan perkebunan kelapa sawit, masa studi dan biaya pasti.

Untuk program reguler, masa studi mahasiswa adalah 8 semester (4 tahun) dengan menempuh 144 - 147 SKS termasuk KKN/magang dan tugas akhir (skripsi).
Khusus untuk mahasiswa alih jalur (lulusan D-3 dengan bidang studi yang sama) diwajibkan anvulen 33 SKS dengan masa studi maksimal 3 semester.
Program khusus terdiri dari 8 semester pendek (trimester), dengan masa studi maksimal 3 tahun.

  • Staf Pengajar
    Staf pengajar di Jurusan Budidaya Pertanian terdiri dari Dosen Tetap dan Tidak Tetap. Dosen Tetap dari Yayasan dan DPK semua telah bergelar Magister Pertanian, 2 orang Doktor dan seorang Guru Besar. Sedangkan Dosen Tidak Tetap sebagian besar bergelar Doktor dan Guru Besar baik dari dalam maupun luar negeri. Untuk mengenalkan dunia kerja kepada mahasiswa, setiap pergantian semester mengundang praktisi untuk mengajar sebagai Dosen Tamu.
  • Bidang Kerja
    Sarjana lulusan jurusan Budidaya Pertanian telah banyak yang bekerja di instansi pemerintah maupun swasta yang tersebar di seluruh Indonesia, antara lain di Departemen Pertanian, Kehutanan, Nakertrans, Deprindag, Bappeda, Depdiknas, Lembaga Penelitian, Perbankan dan BUMN.
    Perusahaan perkebunan yang banyak merekrut sarjana Jurusan Budidaya Pertanian antara lain ; PT. Astra Agro Lestari, PT. Socfindo, PT. Matahari Kahuripan Group, PTPN VIII (Persero), PTPN IX (Persero) dan masih banyak perusahaan yang lainnya.
    Alumni yang menonjol antara lain Kadisbun Propinsi Jawa-Tengah, Kadisbun Propinsi Kalimantan Selatan, Kadisperindag Propinsi Jawa-Timur, Direktur Produksi PTPN VIII (Persero), CEO PT. GAS yang berkantor pusat di Singapore, Komandan KODIM Kabupaten Demak, dan eselon II pada Departemen Pertanian.
  • Kerjasama
    Jurusan Budidaya Pertanian menggalang kerjasama dengan beberapa pihak di bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian serta Pengabdian Masyarakat :

    • PTPN IX untuk penyelenggaraan praktek lapangan, penelitian dan magang, Dinas Nakertrans Kabupaten Bantul untuk mendidik calon transmigran
    • Pada bidang penelitian, bekerjasama dengan Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo untuk pengembangan potensi wilayah pertanian, serta Dinas Pertanian Kab. DIY untuk pengujian benih Kelapa dan jambu mete.
    • Bidang pengabdian pada masyarakat Jurusan Budidaya Pertanian menjalin kerjasama dengan beberapa desa binaan antara lain di Kabupaten Bantul, Wonosari, Pemalang, Banjarnegara dan Purbalingga.
  • Fasilitas Pendukung
    Ruang kuliah tersedia dan cukup memadai yang dilengkapi dengan fasilitas standar untuk mendukung kelancaran proses belajar mengajar. Beberapa ruang kuliah telah dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC), LCD proyektor dan OHP. Laboratorium dikelompokan menjadi :

    • Laboratorium Agronomi, meliputi : kultur jaringan, hortikultura dataran rendah dan tinggi, fisiologi tumbuhan,pemuliaan, mikrobiologi, dan teknologi benih.
    • Laboratorium Tanah, meliputi fisika dan kimia tanah.
    • Laboratorium Perlindungan meliputi : hama, penyakit, dan gulma.
    • Laboratorium lapangan, berupa kebun pendidikan dataran tinggi di Kecamatan Cangkringan seluas 4 hektar, kebun pendidikan dataran rendah di Maguwoharjo seluas 5 hektar dan kebun pendidikan dataran sedang seluas 15 hektar di Ungaran dan 4 hektar di desa Jambusari, Kabupaten Cilacap.


Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis)

  • Visi & Misi
    Visi lembaga : Pengembangan pendidikan ekonomi pertanian dalam system agribisnis serta manajemen informasi pertanian yang selaras dengan pembangunan berkelanjutan yang berbasis perkebunan.
    Misi : Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat bidang ekonomi pertanian dalam system agribisnis dan manajemen informasi pertanian yang selaras dengan pembangunan berkelanjutan yang berbasis perkebunan.
  • Wawasan Umum & Arah Pengembangan
    Berdasar visi dan misi yang ada, lembaga memiliki wawasan umum dan arah pengembangan :

    • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan pendidikan dan pelatihan bagi tenaga professional bidang agribisnis dan manajemen informasi pertanian yang memiliki kreativitas, keterampilan dan penguasaan iptek yang berbasis perkebunan.
    • Mengembangkan keilmuan perkebunan dan jiwa kewirausahaan yang memiliki efektivitas dan efisiensi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan.
    • Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat bidang agribisnis dan manajemen informasi pertanian.
    • Mengembangkan sarana dan prasarana serta teknologi dalam rangka mewujudkan suasana akademik yang sehat dan berkelanjutan.
    • Memupuk dan menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga terkait serta masyarakat luas guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan.
  • Minat dan Penjelasan



JURUSAN AGRIBISNIS dengan minat Manajemen Agribisnis dan Manajemen Informasi Pertanian

Sejak awal perkembangannya, Jurusan Agribisnis lebih terkonsentrasi pada bidang manajemen/ekonomi perkebunan sesuai dengan ciri INSTIPER yang menempatkan pola ilmiah pokok perkebunan sebagai ciri khasnya. Dalam perkembangannya jurusan ini memfokuskan diri pada minat Manajemen Agribisnis dan Manajemen Informasi Pertanian. Mengapa minat ini yang dipilih ?

Agribisnis adalah serangkaian kegiatan bisnis di biadang pertanian mulai dari agroindustri hulu, produksi, agroindustri hilir hingga pemasaran produk akhir. Oleh karenanya agribisnis mencakup kegiatan yang sangat luas. Kegiatan agribisnis dewasa ini mutlak memerlukan dukungan informasi yang sepadan. Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepat menunutut penyesuaian yang signifikan pada sisi manajemen informasi pertanian. Apalagi Indonesia adalah negara sedang berkembang yang masih mengandalkan pertanian sebagai ujung tombak pembangunan perekonomian dan kesejahteraan rakyatnya. Dengan jumlah penduduk 250 juta dan akan semakin berkembang pada waktu mendatang, sebagai konsekuensinya perlu penyediaan kebutuhan pangan, sandang, papan melalui pengembangan produk pertanian dan hasil olahannya.

  • Staf Pengajar
    Jurusan Agribisnis didukung oleh staf pengajar lulusan dalam dan luar negeri ; 4 orang guru besar, 10 orang doctor (S3), 25 orang Master (S2), serta 2 orang tengah menempuh program doctor (S3) dengan berbagai bidang keahlian seperti Manajemen, Pemasaran, Perkebunan, Sistem Informasi Pertanian, Komunikasi, Pembangunan Pertanian, Statistika-Ekonometrika, Budidaya Tanaman, Pengelolaan Tanah dan Air, Teknologi Pertanian dll.
  • Alumni dan Bidang kerja
    Hingga saat ini Jurusan Agribisnis telah meluluskan lebih dari 1000 Sarjana Pertanian bidang Agribisnis yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka telah berkarya di sektor-sektor perkebunan, perbankkan, perusahaan agribisnis skala menengah-besar, serta berwirausaha.
  • Kerjasama
    Telah banyak kerjasama dilakukan dengan pemerintah daerah, instansi teknis dan swasta, meliputi bidang pendidikan/pelatihan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Kerjasama yang terkini dan tengah berjalan adalah pendampingan petani, asosiasi petani dan koperasi petani tebu di wilayah DIY dan sebagian Jawa Tengah bekerjasama dengan Dinas Perkebunan dan PG Madukismo. Dalam setiap kerjasama yang dilakukan selalu melibatkan civitas akdemika, seperti dosen dan mahasiswa.
  • Fasilitas Pendukung
    Laboratorium : Komputasi, Sistem Informasi (internet), Audio-Visual, Statistika-Ekonometrika, Budidaya tanaman, Lapangan (Kebun Praktek) serta ruang pendidikan dan pengajaran yang representative.

Program/Kegiatan Unggulan

Seluruh kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di Jurusan Agribisnis telah teruji eksistensinya. Hal ini dibuktikan dengan predikat terakreditasi A bagi jurusan ini sejak tahun 2004. Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri mengingat satu-satunya jurusan di INSTIPER yang terekreditasi A.

Karya Pengabdian dan Penelitian Berprestasi

Karya pengabdian dan penelitian dari dosen dan mahasiswa jurusan ini telah diakui di tingkat regional maupun nasional, utamanya dalam bidang social ekonomi pertanian/perkebunan, pengarusutamaan gender, pengembangan wilayah dll.





Berita dan Informasi   Informasi Akademik
Agenda Kegiatan   Informasi Kemahasiswaan
Artikel Pendidikan   Download File
Informasi Beasiswa   Foto Galeri
Alamat Kantor & Kampus Instiper
  • Kampus I
    Jl. Nangka II, Maguwoharjo (Ringroad Utara) , Yogyakarta
  • Kampus II
    Jl. Petung No. 2, Papringan, Yogyakarta